Keunggulan Pamelo Merah yang Tidak Dimiliki Jenis Pamelo Lainnya


Pertanianku — Sudah tahu keunggulan pamelo merah? Pamelo merupakan tanaman buah yang termasuk dalam jenis jeruk besar. Di dalam negeri, pamelo familiar dengan sebutan jeruk bali.

pamelo merah
Pertanianku

Sejatinya, pamelo termasuk jenis buah yang memiliki predikat kurang baik bagi sebagian orang yang pernah mengonsumsinya. Pasalnya, cita rasa pamelo sering kali mengecewakan. Rasa getir atau pahit sering kali muncul pada pamelo dan membuat orang kapok setelah mencicipinya.

Namun, kehadiran pamelo merah merupakan suatu hal yang baru di dunia tanaman jeruk besar. Disebut pamelo merah karena buah ini memiliki kulit yang berwarna merah menyala. Kehadiran pamelo merah yang ditunjang dengan cita rasa yang juga unggul menjadi pusat perhatian baru di dunia tanaman buah.

Seperti dilansir buku Bertanam Jeruk Pamelo Merah, berikut ini beberapa keunggulan pamelo merah dibandingkan dengan pamelo jenis lain.

Warna kulit buah eksotis

Pamelo merah memiliki warna kulit buah berwarna merah menyala. Warna seperti ini menambah daya tarik pamelo merah, baik pada saat buah berada di pohon maupun saat buah di-display karena kulit buah pamelo jenis lainnya berwarna hijau atau hijau kekuningan.

Cita rasa unggul

Pamelo merah memiliki keunggulan rasa dengan cita rasa manis sedikit masam (segar) tanpa adanya cita rasa getir layaknya pada pamelo hijau sehingga digemari konsumen.

Cepat berubah (genjah) dan produktif

Termasuk tanaman buah yang cepat berubah (genjah). Pada umur tanaman relatif muda, yaitu 2—3 tahun, pamelo merah sudah magori atau berubah perdana, sedangkan pamelo hijau biasanya mulai magori pada umur 3 tahun. Selain itu, pamelo merah juga merupakan tanaman yang produktif. Pada pembuahan perdana, pamelo merah dapat menghasilkan 1—2 buah per pohon. Seiring penambahan umur pohon, produksi juga melonjak. Pada umur 4 tahun, produksinya menjadi 4 buah per pohon.

Baca Juga:  Cara Paling Mudah Menanam Blueberry dari Biji

Potensi mendongkrak derajat pamelo

Pamelo masih menjadi komoditas buah jeruk yang kalah saing dengan jenis jeruk lain. Cita rasa pamelo yang sering kali masih tidak terjaga dengan adanya rasa pahit pada buah sehingga kurang digemari. Rasa pahit pada pamelo disebabkan oleh jenis tanamannya dan waktu panen yang tidak memerhatikan kematangan buah. Pamelo merah berpeluang mendongkrak derajat buah pamelo karena sangat potensial di pasaran sebagai buah eksklusif. Selain karena keunikan warnanya, juga karena cita rasanya yang unggul, yaitu manis tanpa adanya rasa pahit.