Ragam Media Tanam untuk Hidroponik

Pertanianku — Sejauh ini sebagian masyarakat masih mengenal media tanam hidroponik adalah air. Padahal, masih ada banyak media tanam hidroponik lainnya yang bisa digunakan selain tanah, simak ulasannya di bawah ini.

media tanam hidroponik
foto: Pertanianku

Rockwool

Rockwool merupakan media tanam yang terbuat dari batu apung yang dipanaskan dengan spesifikasi khusus untuk tanaman sayuran ataupun tanaman hias. Awalnya, bahan ini hanya digunakan sebagai pelengkap konstruksi pabrik, industri, dan kantor. Namun, kelebihan rockwool yang mampu menahan air dan udara dalam jumlah banyak mulai digunakan pada dunia pertanian.

Hidroton

Hidroton merupakan tanah liat yang sudah dipanasi suhu lebih dari 1.000°C. Hidroton sudah sangat terkenal di Jerman. Media tanam ini memiliki pori-pori yang kecil, seperti spons, mampu mengatasi kelebihan air dan tidak mengandung unsur hara.

Zeolit

Zeolit dibedakan menjadi dua jenis, yaitu zeolit sintetis dan zeolit alam. Zeolit sintetis adalah jenis material yang terbuat dari rekayasa ilmiah dengan bahan aluminium silica, fosfat, dan tambahan bahan lain. Zeolit sendiri merupakan jenis mineral yang bisa diperoleh dari alam.

Arang sekam

Arang sekam mampu menyerap dan menyimpan air sebagai cadangan makanan bagi tanaman. Arang sekam dapat berguna sebagai pupuk dan bahan baku briket arang. Arang sekam dapat digunakan sebagai campuran pupuk dan media tanam untuk persemaian.

Cocopeat

Cocopeat blok atau serbuk sabut kelapa merupakan sisa hasil pengolahan penguraian sabut kelapa yang dicetak menjadi berbentuk kubus. Cocopeat bisa digunakan sebagai karbon baterai atau sebagai media tanam, tetapi di Indonesia cocopeat lebih sering digunakan sebagai media tanam pengganti tanah atau sebagai campuran pembuatan pupuk organik.

Kerikil/pasir

Kerikil memiliki pori-pori yang lebih banyak dibanding pasir. Media tanam ini dapat membantu peredaran larutan unsur hara dan udara serta menekan pertumbuhan akar. Akan tetapi, kerikil tidak mampu menahan air terlalu lama sehingga media tanam cepat kering.

Baca Juga:  Ciri-ciri Tanaman Melon Kekurangan Unsur Hara

Pecahan genting atau batu bata

Pecahan genting atau batu bata bisa digunakan sebagai alternatif media tanam hidroponik karena kedua bahan tersebut juga berfungsi untuk meletakkan akar. Namun, pecahan tersebut sebaiknya dibuat menjadi berukuran kecil-kecil.