Sistem Reproduksi Sapi Betina


Pertanianku – Sistem reproduksi sapi sangat vital bagi keberlangsungan hidup sapi. Sistem reproduksi sapi harus dalam kondisi baik. Dengan demikian, peternakan harus mengenal sistem reproduksi sapi, baik sapi betina maupun jantan. Adapun organ reproduksi yang dimiliki sapi betina, di antaranya:

  1. Ovarium

Ovarium merupakan organ reproduksi vital. Organ ini yang memproduksi ovum (gamet betina) dan hormon reproduksi betina (estrogen dan progesteron). Ovarium yang matang pada sapi betina akan dilepas ke dalamsistem saluran untuk memungkinkan terjadi pembuahan. Sapi termasuk hewan monotocous sehingga akan terbentuk ovarium yang muda pada setiap gestation period, yaitu satu ovum akan diproduksi setiap siklus estrus (berahi)

Oviduk

Oviduk adalah organ yang menghubungkan ovarium hingga ujung tanduk uterus. Bentuknya seperti pipa tidak beraturan. Fungsi oviduk untuk mengangkut ovum dan spermatozoa. Di tempat inilah akan terjadi pembuahan dan pertama kalinya terjadinya pembelahan sel dari embrio.

Uterus

Fungsi utama dari uterus adalah menyimpan dan memelihara embrio atau fetus. Letak uterus membentang dari persimpangan lekukan di antara kedua tanduk uterine hingga ke serviks.

Serviks

Serviks terdiri dari dinding tebal dan bersifat inelastis. Saluran reproduksi betina ini letaknya pada bagian depan berbatasan dengan bagian uterus dan bagian belakang menonjol pada vagina. Serviks memiliki fungsi mencegahkontaminasi mikroorganisme di dalam uterus. Fungsi lainnya adalah media tampungan sperma dari proses perkawinan secara alami.

Vagina

Vagina berbentuk bulat panjang dengan dinding yang tipis dan elastis. Kedalamannya sekitar 25—30 cm. Sperma dari hasil perkawinan akan disimpan pada bagian depan vagina dekat dengan serviks. Vagina inilah yang digunakan sapi sebagai alat kopulasi (perkawinan). Vagina juga akan menghasilkan lendir yang dapat digunakan untuk mengetahui ada tidaknya masa birahi (estrus) sapi betina.

Baca Juga:  Mendadak! Walikota Semarang Datangi Pabrik Pengolahan Pangan Ternak

Vulva

Vulva merupakan alat kelamin sapi betina yang paling luar. Berfungsi sebagai sistem reproduksi dan sebagai sistem urinari. Vulva berbentuk lipatan-lipatan dan ada yang tertutup rambut halus. Bagian tengah vulva terdapat klitoris.

 

Sumber: Buku Beternak Sapi Limousin

loading...
loading...