Tips agar Penggemukan Sapi Semakin Optimal

PertaniankuPenggemukan sapi bertujuan menambah bobot badan sapi yang akan dijual. Usaha ini sering dilakukan oleh peternak tradisional di kampung-kampung. Peternak akan mencari sapi yang sudah remaja tetapi badannya masih kurus. Kondisi kurus tersebut disebabkan oleh pemberian pakan yang dilakukan masih kurang tepat.

penggemukan sapi
foto: Pertanianku

Sapi-sapi yang masih kurus tersebut kemudian digemukkan dengan cara diberikan pakan berkualitas sehingga pertambahan bobot badannya meningkat pesat. Usaha ini sebenarnya tidak begitu sulit dilakukan, kunci keberhasilannya terletak pada kualitas dan kuantitas pakan yang diberikan. Berikut ini tips untuk Anda yang tertarik menjalankan usaha penggemukan sapi.

Cara pemberian pakan

Ada empat cara pemberian pakan yang dapat Anda lakukan, yakni penggembalaan, dry lot fattening, kombinasi keduanya, dan kereman yang banyak digunakan oleh peternak tradisional. Setiap cara pemberian pakan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang dapat disesuaikan dengan kondisi Anda.

Ransum pakan

Ransum pakan untuk sapi yang sedang digemukkan harus mengandung protein dan energi tinggi agar pertumbuhannya berjalan lebih cepat sekaligus mampu membentuk perototan tubuh sapi. Sumber protein yang dapat digunakan dalam ransum pakan sapi antara lain ampas tahu, bungkil kedelai, dan bungkil kapas.

Pakan hijauan

Pakan hijauan diberikan sebanyak tiga kali sehari, yakni pagi, siang, dan sore sebanyak 10—12 persen dari bobot sapi. Hijauan segar yang diberikan perlu dilayukan dahulu sebelum diberikan pada sapi. Hindari hijauan yang masih berembun karena dikhawatirkan masih terdapat telur parasit dan menyebabkan perut sapi menjadi kembung akibat kadar air di dalam hijauan masih terlalu tinggi.

Konsentrat

Peternak pelu memberikan konsentrat sebanyak 1—2 persen dari bobot sapi untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Ketersediaan pakan dan minum di dalam kandang

Baca Juga:  Kriteria Daging Sapi yang Cocok Dibuat Menjadi Bakso

Pakan dan minum di dalam kandang harus selalu tersedia di dalam kandang. Kebutuhan minum sapi pada masa penggemukan rata-rata mencapai 20—40 liter/ekor/hari.

Berikan vitamin

Anda dapat merangsang nafsu makan sapi yang sedang digemukkan dengan memberikan perangsang nafsu makan dan vitamin.