Tubuh Ratusan Ikan Laut Menyusut, Apa Penyebabnya Ya?


Pertanianku – Perubahan iklim telah berlangsung sejak beberapa tahun lalu, bahkan bertambah parah sekarang ini. Suhu udara yang menghangat dan oksigen yang semakin lama berkurang di lautan membuat ratusan spsesies ikan menyusut.

Foto: pixabay

Hal ini diketahui berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim ilmuwan dari University of British Columbia. Spesies-spesies ikan yang diperkirakan akan mengecil meliputi tuna, kerapu, haddock, salmon, hiu perontok, hingga kod.

Hal ini diakibatkan oleh suhu laut yang lebih hangat mempercepat metabolisme tubuh, ikan, cumi-cumi dan semua makhluk yang bernapas di dalam air akan membutuhkan lebih banyak oksigen di lautan.

Padahal, di saat yang sama, pemanasan laut telah menyebabkan penurunan pasokan oksigen di banyak bagian laut.

Studi ini berpendapat bahwa hal ini terjadi karena area permukaan insang tempat oksigen dikumpulkan tidak tumbuh pada tingkat yang sama dengan bagian tubuh lainnya. Hewan ini pada akhirnya akan mencapai titik di mana mereka tidak dapat memperoleh cukup oksigen untuk menopang pertumbuhan normal.

“Kami menemukan bahwa ukuran tubuh ikan menurun 20 hingga 30 persen untuk setiap satu derajat Celcius kenaikan suhu air,” ungkap penulis studi William Cheung, direktur sains Nereus Program di universitas tersebut.

Menurut para peneliti, perubahan tersebut akan berdampak besar pada banyak jaringan makanan laut, meningkatkan hubungan predator-mangsa dengan cara yang sulit diprediksi.

“Eksperimen laboratorium telah menunjukkan bahwa selalu ada spesies besar yang akan menjadi stres terlebih dahulu,” terang penulis utama Daniel Pauly, seorang profesor di Institute for the Ocean and Fisheries University of British Columbia dan penyidik utama di Sea Around Us.

Para peneliti juga mengatakan bahwa beberapa spesies akan lebih terdampak akibat faktor kenaikan suhu air laut dan kurangnya oksigen. Tuna, misalnya. Ikan perenang cepat ini membutuhkan lebih banyak energi dan oksigen, dan rentan menyusut saat suhu meningkat.

Baca Juga:  Ternyata Ini Alasan KKP Larang Nelayan Tangkap Hiu Biru Pari Manta
loading...
loading...