Umbi Bawang Berlian Berkhasiat Sembuhkan Berbagai Penyakit

PertaniankuBawang berlian sebenarnya sudah mulai dikenal sejak 7—10 tahun lalu. Bawang ini populer karena berkhasiat mampu melawan diabetes dan kanker. Umbi ini dipercaya mengandung senyawa aktif seperti senyawa golongan triterpenoid, kuinon, dan naftokuinon yang berkhasiat sembuhkan berbagai penyakit.

bawang berlian
foto: http://kalbar.litbang.pertanian.go.id/

Karena terkenal sebagai obat herbal yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, harga umbi bawang berlian yang berasal dari famili Iridacease ini cukup mahal. Selain mahal, pemintaan umbi ini cukup bagus dan tidak pernah mengalami penurunan.

Nama ilmiah dari umbi bawang ini adalah Eleutherine americana, nama ilmiah tersebut diberikan oleh Elmer Drew Merril, ahli botani asal Amerika Serikat. Eleutherine merupakan senyawa khusus yang hanya terdapat di dalam tanaman ini. Adapun kata americana merupakan lokasi yang diduga menjadi asal tanaman umbi ini, yakni di Bolivia dan Brasil di Benua Amerika.

Loading...

Di Indonesia, umbi ini terkenal sebagai bawang dayak dan diyakini berasal dari Kalimantan. Meskipun demikian, umbi ini lebih sering dijumpai di daerah Bogor, Yogyakarta, Lampung, dan Pontianak. Daerah budidaya umbi ini tidak memengaruhi kualitas umbi sehingga Anda bisa menanamnya di mana saja.

Popularitas tanaman ini sudah terkenal sejak lama, masyarakat Cina biasanya menggunakan tanaman tersebut sebagai tanaman hias, bumbu masak, dan tanaman herbal yang bisa mengatasi influenza, gangguan jantung, dan obat pencahar.

Orang Amerika Selatan sangat menyukai pesona dari sosok bawang berlian sehingga tanaman ini sering dijadikan tanaman hias.

Penduduk Thailand menggunakan umbi bawang ini sebagai tanaman herbal untuk mengatasi penyakit saluran pernapasan pada anak. Masyarakat Thailand juga sering menggunakannya di salad untuk memperpanjang daya simpan dan mencegah pertumbuhan bakteri.

Bawang ini diyakini dapat menghasilkan asam tiobarbiturat yang bisa memperpanjang masa penyimpanan makanan. Masyarakat Thailand juga menggunakan umbi ini bersama dengan kencur untuk mengatasi batuk pada anak-anak.

Baca Juga:  Khasiat Asparagus, Pembersih Pembuluh Darah Arteri dari Kolesterol

Di Indonesia, tanaman ini baru saja populer sebagai obat herbal. Biasanya tanaman ini digunakan untuk mengatasi penyakit hipertensi, stroke, diabetes, kanker, dan penurun kadar kolesterol.

Ada banyak panggilan nama untuk umbi bawang berlian di Indonesia seperti bawang dayak, bawang sabrang, dan bawang kapal. Bawang ini mengandung senyawa allicin dan alkaloid yang bersifat hipoglikemik.

 

Loading...
Loading...