Umbi Ganyong, Bahan Pangan yang Kaya Nutrisi

Pertanianku — Ganyong termasuk tanaman umbi-umbian yang dapat dimanfaatkan sebagai alternatif bahan pangan bergizi. Pasalnya, umbi ganyong mengandung pati (karbohidrat) yang tinggi, protein, kalori, lemak, vitamin C, vitamin B1, fosfor, kalsium, dan zat besi.

umbi ganyong
foto: cybex.pertanian.go.id

Di Indonesia terdapat dua varietas umbi ganyong, yaitu ganyong merah dan ganyong putih. Ganyong merah ditandai dengan batang, daun, dan pelepah berwarna merah atau keunguan. Sementara itu, ganyong putih memiliki batang, daun, dan pelepah yang berwarna hijau serta sisik umbinya berwarna kecokelatan.

Tanaman ganyong memiliki buah, tetapi tidak sempurna dan berbentuk. Buah ganyong terdiri atas 3 ruangan yang berisi biji berwarna hitam. Tiap ruang pada buah ganyong terdapat 5 biji buah.

Selain dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dalam sehari, umbi ganyong juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa khasiat umbi ganyong untuk kesehatan tubuh.

Dapat menurunkan berat badan

Kandungan serat di dalam ganyong relatif tinggi sehingga sangat baik untuk mendukung program diet. Oleh karena itu, tanaman ini dapat dijadikan pilihan alternatif untuk menu diet.

Sumber energi yang baik

Sebagai menu diet, ganyong dapat memenuhi kebutuhan energi karena kandungan protein dan karbohidratnya terbilang tinggi. Bubur ganyong dapat membantu tumbuh kembang anak berjalan lebih optimal dan membuat tubuh lebih segar.

Mengatasi panas dalam

Ganyong dapat diolah menjadi obat herbal untuk mengatasi permasalahan panas dalam dengan dicampur temulawak. Caranya sangat mudah, ganyong dan temulawak direbus. Setelah mendidih, air rebusannya didiamkan sebentar hingga suhunya turun, kemudian diminum.

Baik untuk saluran pencernaan

Kandungan pati di dalam ganyong cukup mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, kandungan kimia di dalam umbi tanaman ini berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan kesehatan usus. Bubur ganyong dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi diare dan gangguan perut.

Baca Juga:  Kriteria Bibit Jamur Tiram Berkualitas

Menguatkan tulang

Umbi mengandung kalsium yang terbilang tinggi sehingga kalsium tersebut dapat berperan untuk memperbaiki dan menguatkan tulang. Bubur ganyong yang dikonsumsi secara berkala dapat membantu tubuh untuk melindungi tulang dari gangguan.