5 Keunggulan Usaha Penggemukan Sapi

Pertanianku — Keunggulan merupakan daya tarik seseorang untung menyelami lebih dalam suatu usaha. Karena dari keunggulan tersebut para pengusaha mendapatkan keuntungan sehingga dapat memacu motivasi pengusaha untuk terus mengembangkan usahanya, seperti keunggulan usaha penggemukan sapi. Jika Anda belum mengetahuinya, simak ulasan berikut.

usaha penggemukan sapi
foto: pertanianku

Kandungan gizi tinggi

Daging sapi yang menjadi primadona bagi masyarakat di seluruh dunia merupakan salah satu keunggulan beternak sapi yang paling diketahui oleh masyarakat. Selain enak, daging sapi bergizi tinggi. Warnanya yang merah-cokelat segar dengan serat yang relatif halus mengandung protein 18 persen, lemak 3 persen, karbohidrat 1,2 persen, kadar abu 0,7 persen, kadar air 75,5 persen, dan vitamin A 600IU/gram.

Loading...

Mudah diperdagangkan

Salah satu daging konsumsi yang memiliki banyak permintaan adalah daging sapi sehingga pemasaran daging sapi terbilang mudah dan mneguntungkan. Saat ini permintaan daging sapi relatif tinggi, bahkan ketika menjelang hari raya umat muslim. Selain permintaan tinggi, harga daging juga tinggi. Hal ini lah yang membuat usaha penggemukan sapi masih memiliki peluang.

Usaha penggemukan relatif praktis dan mudah

Usaha penggemukan sapi lebih praktis dibandingkan menghasilkan bibit. Selain lebih praktis, waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama dan biaya pemeliharaan yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Penggemukan realtif lebih mudah dilakukan dari pedet atau anakan sapi.

Pakan yang diberikan untuk menggemukkan sapi sudah banyak yang menjual dan bahkan bisa menggunakan pakan alternatif dari limbah pertanian yang relatif lebih murah. Untuk menggemukkan, Anda tidak membutuhkan sapi betina sehingga bisa hanya menggunakan sapi jantan yang memiliki pertumbuhan lebih cepat.

Hemat tempat

Usaha penggemukan sapi dapat dilakukan di pekarangan rumah atau suatu ruangan atau petak-petakan yang disediakan khusus untuk satu ekor sapi. Di kampong, biasanya warga desa berinvestasi penggemukan sapi yang dirawat di halaman rumah.

Baca Juga:  6 Jenis Wadah untuk Budidaya Belut

Perputaran modal lebih cepat

Usaha penggemukan sapi tidak membutuhkan waktu yang lama dan relatif singkat sehingga perputaran modal terbilang cukup cepat. Hal ini dikarenakan penggemukan menggunakan pedet atau bakalan yang sudah tumbuh. Modal yang dikeluarkan juga hanya sebatas modal investasi seperti kandang dan modal produksi.

Loading...
Loading...