Cara Merawat Tanaman Singkong agar Hasilnya Memuaskan

Pertanianku — Mungkin sebagian besar orang beranggapan singkong cukup mudah ditanam sehingga tidak memerlukan perawatan yang terlalu intens. Tanaman singkong memang cukup mudah ditanam. Akan tetapi, Anda tetap perlu merawat tanaman singkong dengan benar agar hasilnya memuaskan sehingga menghasilkan umbi singkong yang besar dan lezat untuk dikonsumsi.

tanaman singkong
foto: pixabay

Pada dasarnya perawatan yang perlu dilakukan hampir sama dengan perawatan tanaman lain, yakni pemupukan, pemangkasan, penyiraman, dan penyiangan. Simak ulasan lebih jelasnya di bawah ini.

Pemupukan

Pemberian pupuk harus dilakukan dengan takaran tepat dan seimbang untuk mendukung pertumbuhan tanaman semakin maksimal.

Takaran pupuk yang dibutuhkan untuk tanaman singkong pada lahan satu hektare adalah urea 200 kg, SP-36 100 kg, dan KCl 100 kg. Jumlah pupuk yang dibutuhkan dapat Anda konversikan dengan luas lahan yang dimiliki. Seluruh pupuk tersebut diberikan secara bertahap.

Tahap pertama diberikan ketika tanaman berumur 7—10 hari dengan takaran 100 kg urea, 100 kg SP-36, dan 50 kg KCl per hektare. Pemberian kedua dilakukan saat tanaman sudah berumur 2—3 bulan dengan takaran pupuk 100 kg urea dan 50 kg KCl per hektare.

Pemangkasan

Tanaman juga perlu mendapatkan pemangkasan agar pertumbuhannya optimal. Ketika tanaman singkong berumur 1 bulan, tunas-tunas yang tumbuh berlebihan harus dibuang, kemudian sisakan 2 tunas berkualitas baik.

Penyiangan

Gulma yang tumbuh di sekitar tanaman singkong perlu rutin disiangi agar pertumbuhan tanaman tidak terhambat karena adanya persaingan unsur hara. Penyiangan paling tidak dilakukan sebanyak 1—2 kali sehingga tanaman dapat terbebas dari gulma hingga berumur 3 bulan.

Pembumbunan

Bedengan tanaman dapat mengeras atau menurun dengan seiring berjalannya waktu budidaya. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pembumbunan ketika tanaman sudah berumur 2—3 bulan.

Baca Juga:  Strategi Menghasilkan Benih Bawang Bermutu

Panen

Pada dasarnya umur panen singkong berbeda-beda, bergantung pada varietas singkong yang digunakan, tingkat kesuburan tanah, dan cara perawatan yang diterapkan. Umumnya, varietas singkong unggul sudah dapat dipanen setelah tanaman berumur 8—11 bulan.