Cara Pemberian Pakan Sapi Supaya Gemuk Maksimal


Pertanianku — Jumlah permintaan dan kebutuhan terhadap daging tinggi, terutama daging sapi. Namun, jumlah produksi daging sapi saat ini masih belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat akan daging. Untuk itu, cara pemberian pakan sapi perlu diperhatikan agar ternak tumbuh gemuk.

cara pemberian pakan sapi
Foto: Shutterstock

Indonesia kaya dengan berbagai macam ternak. Salah satu hewan ternak yang memiliki banyak keuntungan, yaitu sapi. Daging sapi yang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat adalah daging sapi potong. Sapi potong meruapakan sapi yang dipelihara dengan tujuan diambil dagingnya.

Supaya ternak sapi gemuk, tidak hanya dengan mengandalkan pakan, tapi juga dengan pemberian vitamin. Pada proses penggemukkan sapi potong, pakan memang menjadi bagian terpenting karena pakan yang baik akan mempercepat proses tersebut.

Namun terkadang, pakan menjadi masalah karena ada sebagian sapi yang cocok dengan beberapa jenis pakan. Oleh karena itu, peternak harus pandai mencari pakan yang cocok untuk sapi, terutama dalam masa obat penggemuk sapi potong.

Carilah pakan yang memiliki kandungan gizi cukup untuk kebutuhan sapi tersebut. Pakan haruslah mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Selain itu, pakan mesti dalam keadaan baik dan tidak tercemar kotoran atau bibit penyakit yang bisa merusak pakan tersebut.

Jenis pakan sapi potong

  1. Pakan hijau

Pakan hijau sangat baik untuk sapi terutama pada masa penggemukan. Pakan hijau yang dapat diberikan antara lain jenis rumput, siratro, lamtoro, gamal, dan centro, serta daun lamtoro dan limbah pertanian seperti jerami. Pakan hijau bisa dijadikan pakan utama sapi. Jadi, pakan harus segar agar sapi mendapatkan gizi yang cukup untuk pertumbuhannya.

  1. Pakan konsentrat

Pakan konsentrat atau pakan penguat, yaitu berupa pakan olahan seperti dedak padi yang telah dicampurkan bungkil kelapa, tepung tulang, dan garam dapur. Pakan konsentrat ini 70% dedak, 30% bungkil kelapa, 0,5% tepung tulang, dan 1% garam dapur. Komposisi olahan tersebut harus sesuai, jangan terlalu banyak. Alasannya, agar gizi sesuai dengan kebutuhan sapi tersebut.

Baca Juga:  Bioaktif Lidah Buaya Bisa Jadi Alternatif Antibiotik Ayam Petelur

Cara pemberian pakan untuk sapi potong

Pakan untuk penggemukan sapi harus diatur sesuai target yang diharapkan. Nah, bagi pebisnis sebaiknya memberikan pakan hijau lebih banyak dari pada olahan konsentrat karena pakan hijau adalah makanan utama sapi. Waktu yang tepat dalam pemberian pakan, yaitu 3 kali sehari pada pukul 8 pagi, 12 siang, dan 5 sore.

loading...
loading...