Ikan Air Tawar Ini Bisa Mendatangkan Keuntungan Meski Dipelihara di Kolam Terpal

Pertanianku — Tren budidaya ikan di kolam terpal memang bukan hal baru, kolam terpal sudah ada sejak lama dan menjadi salah satu jenis kolam yang paling banyak dipilih. Alasan utama adalah biaya pembuatannya yang murah dan tidak memerlukan lahan yang luas. Kolam ini sangat cocok digunakan untuk membudidayakan beberapa macam ikan air tawar, seperti lele, nila, bawal, gabus, dan gurami.

kolam terpal
foto: pertanianku

Meski penggunaan jenis kolam terpal membutuhkan perlakuan khusus, ikan yang dipelihara di dalam kolam terpal tetap bisa tumbuh menjadi ikan siap konsumsi yang mendatangkan keuntungan. Berikut ini ulasan beberapa ikan air tawar yang sangat berpotensial menjadi sumber pendapatan untuk dirawat di kolam terpal.

Pembesaran gurami

Loading...

Ikan gurami merupakan salah satu ikan air tawar favorit dengan harga jual tinggi. Pembesaran ikan gurami bisa dilakukan di dalam kolam terpal dengan luas lahan terbatas. Benih gurami yang akan ditebarkan ke dalam kolam harus diadaptasikan terlebih dahulu dengan lingkungan baru. Adaptasi dilakukan dengan menyucihamakan ikan dengan larutan PK atau garam dapur, lakukan penebaran pada pagi atau sore hari, dan aklimatisasi.

Pembesaran lele

Ikan lele sudah sangat terkenal sebagai ikan yang bisa dibudidayakan di kolam terpal. Ikan ini sangat mudah dibudidayakan karena mudah beradaptasi. Selain itu, permintaan daging ikan lele juga cukup tinggi sehingga banyak orang mulai memelihara ikan lele. Jenis lele yang sering dibudidayakan adalah lele sangkuriang, dumbo, dan lele mutiara.

Pembesaran nila

Ikan nila hampir sama seperti ikan lele yang mudah dibudidayakan. Ikan yang berasal dari Sungai Nil di Afrika ini sangat disukai oleh orang Indonesia. Ada banyak jenis nila yang bisa dibudidayakan di kolam terpal, di antaranya nila hitam, nila gift, nila nirwana, nila gesit, dan nila BEST. Dengan proses aklimatisasi yang baik, ikan ini bisa tumbuh dan berkembang dengan pesat di dalam kolam.

Baca Juga:  Fakta Unik Ikan Sapu-Sapu

Pembesaran bawal

Bawal juga merupakan ikan introduksi dari Amerika Latin dan memiliki pertumbuhan yang lebih pesat dibandingkan ikan air tawar lainnya. Saat ini ikan bawal banyak dibudidayakan di kolam terpal yang terkenal lebih mudah dan murah.

Pembesaran gabus

Ikan gabus memiliki pertumbuhan yang lambat dan cukup lama. Namun, harga jual ikan gabus lumayan tinggi sehingga banyak orang yang tertarik untuk membudidayakannya. Meskipun ikan ini sering didengar, persediaan di pasar masih kalah dibandingkan ikan air tawar lainnya. Rasa ikan gabus sangat lezat serta bergizi tinggi. Inilah yang menyebabkan banyak masyarakat Indonesia menyukai ikan gabus.

 

 

 

 

Loading...
Loading...