Keindahan Bunga Mawar Hitam yang Makin Langka

Pertanianku — Mawar terkenal dengan keindahan bentuk bunganya dan warna yang beragam, mulai dari warna merah yang paling umum hingga berwarna hitam. Ternyata, tiap warna pada bunga mawar memiliki artinya masing-masing. Bunga mawar hitam sendiri lebih terkenal dengan bunga yang mengandung banyak unsur mistis karena sering dikaitkan dengan ilmu hitam atau vampire. Tak jarang, banyak orang yang menggunakan mawar hitam sebagai simbol cinta mati.

bunga mawar hitam
foto: Pixabay

Bunga mawar hitam bisa Anda jumpai tumbuh subur di daerah Halfeti. Daerah tersebut memiliki kondisi tanah yang langka dan berbeda dari daerah lain, mulai dari suhu hingga kadar keasaman tanah. Iklim di Halfeti dipengaruhi oleh Sungai Efrat. Itu sebabnya bunga mawar yang tumbuh di sana berwarna hitam, padahal bunga tersebut berwarna magenta tua atau ungu tua.

Warna hitam pada bunga tersebut disebabkan oleh pigmen alami yang bernama anthocyanin. Kandungan tersebut juga terdapat di dalam raspberry dan blueberry. Bunga ini hanya mekar dua kali dalam setahun selama 15 hari. Namun, sayangnya populasi mawar hitam semakin menurun, bahkan cederung hampir punah karena konstruksi bendungan di Halfeti yang memakan banyak lahan.

Uniknya, bunga mawar ini akan mekar dengan warna merah magenta gelap pada musim semi dan musim gugur. Warna hitam akan memudar saat musim panas. Mawar ini hanya bisa hidup pada musim semi dan musim gugur. Selain di kedua musim tersebut, bunga mawar akan mati.

Keunikan bunga mawar hitam masih terus dipertahankan oleh pemerintah setempat yang bekerja sama dengan masyarakat sekitar agar bunga ini tidak punah. Pasalnya, bunga mawar ini mampu menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke daerah tersebut.

Baca Juga:  Menelisik Khasiat Jamur Maitake

Mawar hitam memiliki berbagai julukan, tetapi nama yang paling terkenal adalah black rose. Nama lain yang kerap disematkan pada bunga ini adalah black jade, black magic, atau black baccara. Warna hitam pada bunga ini sering digambarkan sebagai sesuatu hal negatif seperti kematian atau kegagalan. Padahal, sebetulnya tidak ada mawar yang benar-benar berwarna hitam.