Kekurangan dan Kelebihan Penggunaan Kandang Kotak untuk DOD

Pertanianku— Ada banyak jenis kandang yang bisa digunakan untuk DOD (day old duck), salah satunya adalah kandang kotak. Kandang untuk DOD biasanya terbuat dari kerangka papan, kawat, atau bambu dengan lantai dari kawat kasa atau anyaman bambu yang diberi jarak sekitar 1—1,5 cm. Hal tersebut dibuat agar kotoran anak itik bisa langsung jatuh keluar kandang dan mencegah kaki anak itik terperosok.

kandang untuk DOD
foto: Pertanianku

Setiap 1 m2 kandang kotak bisa digunakan untuk menampung sekitar 50 DOD yang masih berumur satu hari hingga tiga minggu.

Penggunaan kandang kotak untuk DOD memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa disesuaikan dengan kondisi peternak.

Peternak dapat lebih mudah mengontrol anak itik yang sedang dipelihara dengan kandang kotak. Hal tersebut dapat menyebabkan kondisi kesehatan ternak menjadi lebih terjamin sehingga pertumbuhan anak itik bisa menjadi lebih cepat. Pekerja juga dapat lebih mudah membersihkan kandang dari kotoran dan sisa pakan.

Sayangnya, pembuatan kandang kotak membutuhkan modal yang cukup besar. Peternak harus menyediakan segala kebutuhan ternak secara rutin dan tidak boleh sampai telat. Alasannya adalah anak itik yang berada di dalam kandang hanya mendapatkan asupan makanan dan minuman dari peternak.

Hal lain yang harus diperhatikan dari kandang untuk DOD adalah suhu kandang. DOD masih belum mampu menjaga kestabilan suhu di dalam badannya sehingga memerlukan sumber kehangatan dari luar.

Jika Anda ingin menggunakan kandang kotak, jangan lupa tambahkan pemanas untuk menjaga suhu anak itik agar tetap stabil. Pemanas yang digunakan bisa berupa gasolek, kompor minyak, lampu minyak, ataupun bohlam.

Berikan ventilasi udara di bagian atas kandang dan lengkapi dengan penutup tirai agar Anda mudah mengatur sirkulasi udara di dalam kandang. Tirai tersebut bisa dibuka atau ditutup bergantung pada cuaca dan suhu kandang dengan mudah.

Baca Juga:  Penyemprotaan Desinfektan Kandang yang Benar

Anda bisa membuat kandang kotak dari kandang itik starter. Caranya, sekat kandang menjadi beberapa petak kecil untuk mempermudah proses pemeliharaan, terutama dalam proses pemberian pakan dan pengaturan suhu kandang.

 

 

 

 


loading...