Macam-macam Obat Herbal untuk Bebek


Pertanianku — Penyakit massal yang amat mudah menular ke unggas, termasuk bebek dapat menimbulkan kematian menyeluruh. Hal ini sebetulnya dapat diantisipasi, salah satunya dengan cara mengurangi pemakaian vitamin kimia dan meningkatkan penggunaan obat herbal. Berikut ini macam-macam herbal untuk bebek yang dapat Anda gunakan.

herbal untuk bebek
Foto: Shutterstock
  1. Kunir/kunyit

Kunyit mengandung curcumin, yaitu senyawa utama pada kunyit yang bermanfaat untuk berbagai macam penyakit seperti memperlancar saluran pencernaan, antibakteri, dan antiradang.

  1. Daun sirih

Daun sirih memiliki fungsi sebagai antiseptik yakni antijamur pada saluran pencernaan bebek. Karakter antibakteri daun sirih ini mampu mengurangi rasa gatal dan mata merah berair pada bebek.

  1. Temulawak

Temulawak (Curcuma xannthorrhiza) bersifat detoksifikasi, berarti bisa membuang racun dan kontaminasi jamur Alfatoksis Flavus yang mengendap di dalam hati. Temulawak juga bisa membantu sekresi pada pankreas dan meningkatan penyerapan bahan pakan protein, lemak, dan karbohidrat.

  1. Kunyit, bawang putih, daun pepaya

Campuran kunyit, bawang putih dan daun pepaya bisa berguna untuk menguatkan kekebalan pada berbagai penyakit seperti kolera, radang usus, dan lain-lain.

  1. Gula tebu, lempuyang, temu ireng, temu lawak, cabai jawa

Campuran ini perlu untuk menyehatkan dan mengefektifkan penggunaan pakan unggas.

  1. Daun pepaya

Daun pepaya bermanfaat sebagai antimalaria, antiparasit cacing, meningkatkan nafsu makan, dan meningkatkan daya tahan tubuh bebek.

  1. Lengkuas

Lengkuas mengandung rasa pedas yang berguna menetralkan racun dan membuat rasa segar bagi tubuh bebek.

  1. Bawang Putih

Bawang putih berguna untuk menjaga organ jantung dan pembuluh darah, menambah stamina tubuh, serta meningkatkan kekebalan tubuh pada beragam serangan penyakit.

  1. Jahe

Jahe berkhasiat untuk membantu kerja kelenjar enkitrin karena jahe mengandung solakol. Jahe juga berguna menghangatkan dan menambah stamina tubuh bebek.

Baca Juga:  Jenis Ayam Asli Indonesia yang Harganya Fantastis