Peluang Usaha Pakan Konsentrat Sapi Potong yang Menjanjikan

Pertanianku Konsentrat sering digunakan sebagai pakan tambahan agar produksi ternak, baik susu maupun daging bisa lebih optimal. Pakan tambahan ini memang lebih diperuntukkan bagi ternak potong agar pertambahan bobot bisa berlangsung lebih cepat dan maksimal.

konsentrat
foto: pertaniankun

Indonesia merupakan negara yang warganya cukup gemar mengonsumsi daging sapi. Hal ini disebabkan oleh banyaknya menu makanan Indonesia yang menggunakan bahan baku daging sapi. Selain itu, ditambah dengan adanya hari raya umat Islam yang menggunakan sapi sebagai hewan kurban.

Berdasarkan tren perkembangan industri sapi di Indonesia, 75 persen dari total sapi yang ada merupakan sapi bakalan penggemukan. Bakalan sapi tersebut akan digemukkan oleh peternak hingga siap potong. Selama proses penggemukan, sapi membutuhkan pakan untuk menambah berat badan.

Hal ini berarti permintaan pakan sapi harus selalu tersedia sepanjang tahun. Pasalnya, pakan merupakan kebutuhan harian wajib. Pakan yang biasa diberikan untuk sapi potong adalah pakan hijauan dan pakan konsentrat.

Menggemukkan sapi tanpa menggunakan pakan tambahan seperti konsentrat akan membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, pertambahannya pun tidak akan semaksimal ternak yang diberikan pakan tambahan.

Pakan tambahan yang diberikan untuk setiap sapi adalah 3 persen dari bobot ternak. Misalkan, bobot sapi penggemukan sebesar 350 kg, konsentrat yang dibutuhkan sebanyak 10,5 kg BK/ekor/hari. Jika dikalikan dengan jumlah bakalan penggemukan yang ada di Indonesia, kebutuhan pakan konsentrat di Indonesia bisa dikatakan cukup besar.

Namun, sayangnya, masih banyak peternak yang belum mencoba menggunakan pakan tambahan ini karena keterbatasan informasi. Peternak yang tidak menggunakan pakan tambahan ini kebanyakan merupakan peternak kecil yang hanya memelihara 1—2 ekor sapi. Padahal, pakan tambahan ini bisa meningkatkan produksi lebih cepat dan optimal.

Baca Juga:  Keripik Tempe Rasa Daun Prey Camilan Gurih Berpotensi Menjadi Bisnis

Jika dilihat dari angka kebutuhan tersebut, tentu saja konsentrat merupakan peluang bisnis yang baik. Hal ini juga karena tidak semua peternak memiliki kemampuan untuk membuat pakan berkualitas sendiri.

Selama permintaan sapi potong masih tinggi, itu artinya permintaan pakan hijauan dan pakan konsentrat pun tinggi.

Dalam buku Pakan Sapi Potong terbitan Penebar Swadaya membahas tuntas cara membuat pakan tambahan seperti konsentrat. Mulai dari cara mengetahui bahan berkualitas yang bagus hingga metode pemberian ke ternak. Segera hubungi admin penjualan Penebar Swadaya untuk mendapatkan buku tersebut sebagai referensi peluang usaha bisnis Anda.

 


loading...